Tidak Sengaja Membandingkan

31 May

Pernah ga, pas kecil (atau bahkan pas sudah gede), kita merasa sebel karena dibanding-bandingkan oleh orang tua kita? Karena gw anak bungsu, jadi itu sering banget kejadian, entah dibandingkan dengan saudara sendiri, sepupu, teman satu gereja, teman satu sekolah, dll.

Mungkin saat itu orang tua bermaksud baik, yaitu utk memotivasi kita menjadi lebih baik lagi. Tapi pada setuju kan bahwa bukan itu caranya? Sudah banyak artikel parenting tentang hal ini, monggo di-googling J

However, setelah menjadi orang tua, gw baru sadar kalo kita sering melakukannya secara tidak langsung. Contohnya aja, baru-baru ini gw chat sama temen yang juga baru punya anak. Trus biasa dong, kita saling tanya, “Anak lo udah bisa apa?” Trus kita saling “tuker informasi” deh, udah bisa ini itu.. “Trus asi nya gmn, banyak ga minumnya? Tidurnya berapa jam? Rewel ga kalo malem?”, dan lain-lain, dan lain-lain.

Some of you might already get the point. Di sini, secara tidak langsung kita sudah membandingkan, walau dengan “excuse” : kita tuh bukan membandingkan, tapi cuma pengen tahu kalo aktivitas anak kita itu normal atau ga. Well, tapi kalo rumput tetangga lebih ijo, pasti pengen anaknya berubah jg kan? Misalnya, “Eh, si itu udah bisa ini lho, Lala juga dong..” atau “Eh, si itu bangunnya cm sekali pas malem lho” atau “Eh, si itu poopnya ga sebnyk Lala lho..” Gw yakin, seandainya Lala bisa ngomong, dia akan bilang dengan keselnya, “So what, Mamaaaaa?” :))

Jadi sekarang, gw sebisa mungkin, ga terlalu pengen cari tahu yang ga penting. Kalopun yang penting, biasanya gw googling dulu dibanding nanya ke orang lain. Biasanya jg source internet itu ada yang terpercaya kok, contohnya situs-situs resmi kedokteran atau anak. Kalo ga dapet jawaban, biasanya gw nanya ke dokter anak pas Lala imunisasi. Abis itu, pilihan terakhir baru nanya ke temen.

Trus kalo secara ga sengaja terlibat “obrolan membanding2kan” itu, gw mandi dulu (lho?!). Soalnya biasanya pas mandi, pikiran gw lbh jernih dan sadar, huahaha..

Yoweis.. Udah dulu ya.. Mau makan malem nih mumpung Lala lagi bo2..

Leave a comment